Pengaruh Internet Dalam Bidang Usaha dan Bisnis/Industri
1. Menggeser kekuatan dari penjual
ke pembeli dengan mengurangi harga ketika melakukan perubahan suplier (vendor
lainnya hanya satu click jaraknya).
2. Menyediakan informasi harga
dan produk yang banyak dan lebih lengkap.
3. Mengurangi biaya transaksi.
Bandingkan transaksi bank melalui internet dan melalui ATM., begitu juga
pemrosesan tiket melalui internet dibandingkan melalui travel agent. Memang
penghematan ini dampak nyatanya dirasakan oleh bisnis berukuran besar.
4. Kecepat jangkauan dan
aksebilitas informasi dari internet, serta biaya rendah untuk mendistribusikan.
3.3 Pemanfaatan Internet Bagi Efisiensi Perusahaan
Kehadiran Internet harus diakui telah menghadirkan
kemungkinan- kemungkinan baru dalam hidup manusia. Melalui teknologi ini para ahli
manajemen semakin yakin bahwa yang namanya ‘Virtual Organization’ bukanlah
suatu impian belaka.
Dalam konsep ‘Virtual Organization’, suatu organisasi
(apakah dalam bentuk perusahaan, LSM, atau yayasan) tidak harus hadir dalam
physicall space di suatu tempat tertentu. Sehingga, para karyawan bisa bekerja
dalam tempat yang berbeda tanpa kehilangan koordinasi dan hubungan dengan
teman-temannya di kantor pusat. Tidak mengherankan bila dengan konsep tersebut,
di suatu kantor hanya dibutuhkan seorang sekretaris dan office boy.
Kehadiran fasilitas seperti video conference, net meeting,
chatting semakin memperkuat argumentasi para ahli manajemen bahwa konsep
‘virtual organization’ merupakan salah satu alternatif yang harus
diperhitungkan dalam pembuatan struktur organisasi di masa depan.
Namun, pertanyaannya kemudian adalah bagaimana pemanfaatan
internet bagi perusahaan di Indonesia?
Disadari atau tidak, potensi penggunaan teknologi Internet
bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia sangatlah besar. Hal ini didukung oleh
kenyataan struktur geografis Indonesia yang tersusun oleh wilayah yang cukup
luas dan berkepulauan. Meskipun konsentrasi penduduk Indonesia masih terdapat
di wilayah Jawa, namun potensi daerah di luar Jawa pun harus diperhitungkan
oleh suatu perusahaan. Dengan struktur geografis seperti ini tidaklah
mengherankan jika perusahaan yang berkeinginan untuk meng-cover konsumen dalam
skala nasional harus menempatkan cabang-cabangnya di daerah lain.
Contoh kasus yang cukup menarik bisa kita lihat pada perusahaan
yang bergerak di industri asuransi jiwa. Kita mengetahui salah satu key succes
factor perusahaan asuransi jiwa, selain Teknologi Informasi, adalah coverage
area. Artinya, suatu perusahaan asuransi jiwa akan berpotensi untuk mendapatkan
premi dalam jumlah besar apabila perusahaan tersebut mampu untuk melakukan
pendekatan, melalui agen-agen nya, ke berbagai potential customer yang tersebar
di daerah-daerah. Dan kalau perusahaan asuransi jiwa ingin melakukan hal ini,
maka mau tidak mau perusahaan jiwa tersebut harus membuka cabang di daerah
lain. Fenomena yang terjadi sekarang pun ekspansi perusahaan jiwa ke daerah
lain tidak berhenti, walaupun selama periode krisis ekonomi.
Dengan semakin tersebarnya kantor-kantor cabang, perusahaan
asuransi itu semakin berpotensi untuk mendapatkan new customer—yang akhirnya
menghasilkan premi, namun di sisi lain banyaknya kantor cabang itu juga akan
memunculkan biaya komunikasi yang cukup besar. Apalagi dengan struktur industri
telekomunikasi di Indonesia yang masih termonopoli, maka struktur biaya
telekomunikasi memiliki kontribusi yang tidak kecil dalam keseluruhan biaya
operasi. Ditambah lagi dengan adanya rencana kenaikan biaya telepon yang telah
disampaikan Dirut Telkom ke DPR.
Kembali ke contoh kasus tadi, maka kita melihat bahwa
perusahaan di Indonesia akan dapat berpeluang untuk menghemat biaya komunikasi
dengan menggunakan berbagai macam fasilitas yang terdapat di Internet. Untuk
telepon interlokal misalnya, perusahaan tersebut bisa menggunakan fasilitas
mail, chatting sampai penggunaan teknologi VOIP (Voice Over Internet Protocol).
Perusahaan seperti Total Indonésie—perusahaan minyak yang
berbasis di Perancis, telah menggunakan fasilitas mail dan chating dalam
koordinasi antara kantor pusat di Jakarta dengan field di Balikpapan. Untuk
regional meeting misalnya, para Branch Manager tidak perlu kehadirannya secara
fisik di Jakarta. Cukup melalui fasilitas video conference dan net meeting,
maka perusahaan tersebut akan menghemat biaya seperti penginapan hotel, biaya transportasi
pesawat dsb. Tentunya hal ini hanya akan terjadi apabila terdapat koneksi
Internet di masing-masing kantor baik pusat maupun cabang.
VOIP sebagai sarana komunikasi di prediksikan akan menjadi
trend komunikasi di kemudian hari. Karena memang salah satu keunggulan dari
VOIP ini terletak pada faktor penghematannya yang drastis dibandingkan biaya
pulsa telepon reguler. Malah sebenarnya percakapan melalui VOIP ini free of
charge, namun beberapa provider VOIP masih mengenakan suatu beban biaya tertentu
ke konsumen. Walaupun begitu beban biaya yang dikenakan tersebut masih jauh
lebih kecil ketimbang beban biaya pulsa yang dikenakan oleh Telkom.
Dan memang harus diakui bahwa peluang pemanfaatan teknologi
Internet guna menekan biaya komunikasi di Indonesia masih terbuka lebar,
mengingat biaya komunikasi melalui telepon masih sangat mahal dan mungkin akan
bertambah mahal. Perusahaan-perusahaan lokal sangat disarankan untuk menggali
potensi utilitas Internet.
Sebetulnya yang berkepentingan di sini tidak hanya kaum
industriawan saja, melainkan pemerintah juga, karena penciptaan efisiensi baik
di tingkat perusahaan atupun pada level industri otomatis akan meningkatkan
daya saing. Ketika daya saing meningkat maka output yang dihasilkan secara
nasional akan menghasilkan devisa yang tidaklah kecil. Terlebih lagi di iklim
perdagangan bebas yang akan bergulir nanti, perlindungan pemerintah terhadap
industri lokal tidak terletak pada penciptaan benteng UU terhadap arus barang
dari luar, melainkan lebih kearah penciptaan iklim persaingan yang sehat antar
perusahaan dan ketersediaan infrastruktur dalam arti luas yang memungkinkan
efisiensi industri bisa terwujud.
Bagus artikelnya, Bagi bapak / ibu yang sedang mencari Les Privat di Pamulang dan Les Privat di Bintaro SD, SMP, SMA bisa hubungi kami.
BalasHapus